Sabtu, 22 Januari 2011

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan computer merupakan kumpulan dari beberapa computer yang dihubungkan dengan yang lainya dengan menggunakan protocol komunikasi dan memerlukan media transmisi tertentu untuk dapat saling berbagi informasi dll.
Keuntumgan menggunakan jaringan computer adalah :
1. Sebagai salah satu media komunikasi
2. System informasi terintegrasi
3. Penggunaan men-share informasi, data, progam, dan peralatan
A. Jenis Jenis jaringan computer
Berdasarkan luas wilayah :

1. Bedasarkan luas wilayah
Local Area Network [LAN]
LAN adalah bentuk jaringan computer local yang luas areanya dibatasi. Kadang-kadang jenis ini digunakan pada lab sekolahan, rumah, kantor, dll. Jaringan ini berfungsi untuk saling berkesinambungan, seperti multiplayer pada game, bertukar file, dan menggunakan printer secara bersama. Media untuk membuat jaringan tersebut adalah kabel [UTP atau BNC] maupun wireless.

Keuntungannya :
 Penggunaan peralatan seperti printer secara bersama
 Dapat saling bertukar file
 Dapat memuat system client-server, sehingga penggunaannya terpusat
 Dapat menyimpan data di berbagai computer
 Media komunikasi
 Dapat dihubungkan dengan internet





Metropolitan Area Network [MAN]
Merupakan jaringan computer dengan skala yang lebih besar dari LAN.
Seperti jaringan computer antar perusahaan yang jaraknya berdekatan. MAN terdiri dari LAN yang saling berhubungan. Medianya adalh wireless/kabel serat optic.
Wide Area Network [WAN]
WAN yaitu bentuk jaringan computer yang skalanya sangat besar dibandingkan jaringan yang lainnya. Yaitu berupa jaringan antar kota, pulau, Negara bahkan benua. WAN terdiri dari LAN dan MAN yang berkesinambungan . WAN kadang-kadang memakai media inaternet. Dengan menggunakan jaringan ini, pertukaran data dan komunikasi antar pengguna lebih cepat, tepat, dan murah.

2. berdasarkan media transmisi
a. kabel
Kabel Twisted Pair
Terdapat dua macam kanel twisted Pair, yaitu Shielded Twisted Pair dan Unshielded Twisted Pair. Jenis UTP banyak digunakan untuk LAN dan telefon.
Kabel UTP memiliki 5 katagori, yaitu:
TIPE Digunakan Untuk
Katagori 1 Suara [kabel telepon]
Katagori 2 Data sampai dengan 4 Mbps
Katagori 3 Data sampai dengan 10 Mbps
Katagori 4 Data sampai dengan 20 Mbps
Katagori 5 Data sampai dengan 100 Mbps
Courtesy : belajaritmudah.blogspot.com
Yang biasa digunakan untuk LAN adalah katagori 3 dan 5 yang memiliki panjang maksimum tiap jalur 100 meter. Konektor yang digunakan untuk kabel UTP disebut RJ-45. RJ merupakan singkatan dari Registered Jack
Kabel STP hampir sama dengan kabel UTP, hanya saja memiliki lapisan yang dapat melindungi dari interferensi elektrik.
Kabel Fiber Optik
Transfer data memakai sinyal cahaya dan tahan terhadap interferensi elektrik seperti kabel STP. Kabel Fiber Optik memiliki bandwith yang lebar dan kecepatan transfer data sangat kuat mencapai Gb[gigabit] per second. Biasanya digunakan untuk jaringan WAN sebagai kabel induk penghubung antar kota bahkan antar Negara.
Untuk jaringan dengan skala rendah, kabel ini jarang sekali digunakan karena harganya sangat mahal.
Kabel coaxial
Seperti pada kabel antenna, kabel ini terdiri dari tembaga tunggal di tengah yang dilapisi oleh plastic dan pelindung metal sebagai proteksi dari interferensi luar.
Terdapat dua macam kabel coaxial, yaitu: Thicknet 10Base5 dan Thinnet 10Base2. Kabel ini biasanya digunakan untuk topologi bus dan sudah jarang digunakan pada LAN. Kabel ini menggunakan konekor BNC (Bayone Neill Concelman).
b. wireless
menggunakan standar protocol yang sama, tetapi tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan computer yang satu dengan yang lainya. Merupakan jaringan computer yang menggunakan media sinyal radio dua arah untuk berinteraksi antar computer. Wireless LAN mengggunakan bandwith 2,4 Ghz dan 5 Ghz. Jaringan wireless memerlukan satu atau lebih acces point sebagai pusat identifikasi dan pengelolaan jaringan.
Kelebihan wireless LAN
1. Mudah menambahkan computer atau memindahkan computer dalam jaringan.
2. Instalasi dan konfigurasi mudah dan cepat.
3. Dapat mengakses jaringan berpindah-pindah dari mana pun dalam area acces point.
Kekurangan eireless LAN
1. Jika jumlah computer dalam jaringan bertambah, kecepatan transfer data akan berkurang.
2. Apabila terjadi perubahan standar, maka kartu jaringan pada tiap computer harus diganti.
3. Memiliki bandwidth yang rendah.
4. Keamanan data lebih rendah.
5. Terpengaruh oleh cuaca.


3. Bedasarkan konfigurasi
a. Peer-to-peer
System ini banyak digunakan pada jaringan dengan jumlah computer yang sedikit, dimana masing-masing computer memiliki status kedudukan yang sama dan tidak memerlukan system terpusat(server). Pertukaran data dilakukan dengan system file sharing. Tiap computer dalam jaringan dapat menggunakan printer bersama dengan system printer sharing
b. Client/Server
Banyak digunakan pada jaringan dengan jumlah computer yang banyak, di mana terdapat satu atau lebih computer yang dijadikan sebagai pusat(server). Server dapat dibedakan berdasarkan tugas dasn fungsinya, missal data server, emai server,proxy server, web server,dan lain-lain. Server juga betugas melakukan manajemen client
Dari kedua system ini lebih unggul peer-to-peer karena biayanya lebih murah, mudah dibuat, dan pengggunaan lebih variasi. Sebaliknya system client/server dengan biaya mahal lebbih sulit untuk dibuat

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews